Kamis, 17 Maret 2011

Hamster

Kalian sudah kenalkan,dgn hewan kecil yg satu ini,ya,ini adalah hamster,        hewan yg imut,lucu,gembul,dan menggemaskan.Kalian pasti ingin memelihara hewan imut ini,ingin tau cara  merawat,jenis2nya,makanan,kandang,serta lain2nya kan? dibawah ini ada tips - tips merawat dan lain lain nya. 
Selamat Membaca!


 TENTANG HAMSTER

Hamster adalah sejenis pengerat,banyak menyebar di seluruh dunia,umur si hamster tertentu dgn jenis,makanan,tempat tinggal,dll.
Banyak orang2 yg memelihara hamster,tapi cepat mati.Saya anjurkan dgn tips - tips saya sendiri,semoga berguna bagi anda,

MEMBELI HAMSTER

Jika ingin membeli hamster,menurut saya,lebih baik anda memilih hamster yg seperti ini :


- Lincah,(ciri2 nya berlari - lari)
- Mata Bersih,(mata bulat,tidak ada kotoran yg menghambat,dll)
- Bulu halus,(bulu bersih,tidak basah,kotor,)
- Sehat,(Tubuh nya agak gendut,tidak kurus)
- Bokong Tidak kotor. (tidak ada bekas2 kotoran yg menempel)


Nah,itu tips - tips memilih hamster dari saya,
sekarang,saya akan menjelaskan Jenis Jenis Hamster,



JENIS - JENIS HAMSTER


Nah,inilah Jenis2 Hamster..

1.Campbell
Jenis hamster yg satu ini,termasuk jenis hamster mini,hamster ini jga mudah merawatnya,jga paling banyak variasi warna dan jenisnya.Hamster ini agak agresif dan galak,maka,anda pun harus menjinakannya dulu. 







2.Roborovski
 Nah,hamster roborovski ini lebih akrab dipanggil ROBO,keunikan robo ini adalah paling cepat larinya,dan keunikan bulunya,robo ini ada 2 jenis yaitu:




















A.robo normal
 Warna tubuhnya mencapai sampai wajahnya.



B.Robo White face
Warna wajahnya putih,dan harganya lebih mahal dari yg robo normal.




 3.Winter
 Nah,hamster jenis inilah yg saya pelihara,
winter ini jenis hamster yg baik, jarang menggigit,dan mudah dijinkan,tapi yg membuat saya kecewa,hamster ini kurang aktif,sehingga lebih banyak tidur dari pada main.Winter ini punya jenis jga,yaitu :
 

A.Winter White
Nah,yg ada digambar ini hamster punyaku nih..hehehe.Nah,kalau jenis yg ini ada keunikannya,yaitu,kalau hamster jenis ini ditempatkan di tempat yg suhunya dingin,warna nya berubah jadi winter,kalau ditempatkan di tempat yg suhunya biasa,warna nya berubah kembali,unik-kan??


B.Winter Golden
jenis ini unik warnanya,yaitu kuning ke-emas emasan,winter golden ini sikapnya kalem,baik,penurut,dan tidak rewel,cocok untuk anak2 dan para pemula.Hanya sayang,harga nya memang mahal karna cukup langka.ada 2 jenis golden,yaitu: 



1.Golden black eye
warna matanya hitam

  

2.Golden red eye (golden albino)
warna matanya merah,dan biasannya harga lebih mahal dari yg golden black eye.






C.Winter Violet
hehehe,foto hamster yg disebelah ini jga foto hamster punyaku.hm..hamster jenis ini jga ramah,kalau kenalan dgn kita,biasanya dia menggigit-gigit kecil tangan kita (saya pun begitu),
hamster ini jga gampang dijinakan..



D.Winter Blue argente
Hamster yg satu ini memiliki warna kuning berlapis biru kehitam - hitaman dan warna matanya merah,hamster ini jga mudah dijinakan.




E.Winter Safire
Warna Bulunya Hampir sama dgn Winter Violet,tapi lebih muda.(saya tidak punya catatan lain tentang hamster jenis ini)
 





4.Syrian
Nah,berakhirlah Cerita tentang hamster winter,sekarang kita pindah ke hamster syrian.Jenis syrian yg satu ini terkadang dipanggil dgn "golden hamster" karna pewarnaan aslinya adalah emas liar.Jenis syrian ini matanya kecil,sipit,bundar,dan pemalas.Jika anda ingin membeli jenis ini,anda harus terima resikonya.Resikonya adalah,Si Hamster jenis ini kan aktifnya malam,jadi anda harus menerima saja, karna..si hamster syrian ini klo malam bakal berisik bgt...(ku jga pernah ampe gk bisa tidur gara2 berisiknya itu) suaranya tu "cittttttt,citttttt",pokoknya berisik deh.Hamster ini punya saudara yg unik..sekali,yaitu :

Syrian Long hair (anggora)
orang2 biasanya menyebutnya "hamster aggora" tapi sebenarnya ini termasuk jenis hamster syrian,tetapi bulunya memang panjang dan unik,hamster ini suka gigit geruji kandangnya (jadi berisik dan ngilu),jika anda tidak tahan dgn suara ngilu geruji kandangnya,saya sarankan hamster ini dikandangkan di aquarium,(soalnya klo hamster gigit trus geruji,giginya bakalan rusak).
 

 
  5.Panda
Sekarang Pindah lg ke jenis panda,jenis yg ini unik warna bulunya,(seperti panda atau sapi) selain warnanya,bulunya jga halus.ada beberapa Panda yg masuk ke jenis2 lainnya,yaitu syrian panda,champbell panda,dll.






6.Gabriel
Nah,Hamster jenis inilah yg sering kita jumpai di sekolah2 anak..hamster gabriel ini jga harganya paling murah (pernah saya membeli jenis ini harganya cuma 3ribu rupiahhh).
Hamster ini jga Banyak....sekali jenisnya,(seperti champbell)
kekurangan dari jenis ini adalah galak dan sering menggigit.





7.Albino
Yah..kurasa ini Jenis yg Terakhir yg kutampilkan..yah..albino ini mempunyai mata yg merah (ciri yg paling khas),banyak orang2 yg mengangap hamster ini galak,padahal tidak lho,hamster ini lumayan gampang dijinakan..albino ini jga masuk ke beberapa jenis hamster seperti : Syria,winter,champbell,gabriel,dll.




KANDANG HAMSTER
Bicara soal kandang,banyak sekali bentuk,ukuran,warna,dll.Saya akan menampilkan beberapa foto kandang untuk Hamster anda,
   
kandang dari geruji :     


kandang dari geruji biasanya tidak memakai serbuk kayu atau pun pasir,melainkan dgn geruji jga,jika anda ingin memakai serbuk kayu atau pun yg lainnya,anda bisa menggantinya.hanya dgn membongkar kandang itu dan melepaskanlantai gerguji itu dgn serbuk kayu ataupun yg lainnya.
Kandang dari aquarium



Kandang dari Aquarium dapat membebaskan kita dari keberisikan sang hamster yg sedang menggigit geruji,(saya pun memakai aquarium untuk sang hamster),kalau pakai aquarium,berarti harus memakai serbuk kayu ataupun yg lain.


lihat si kimiko sedang bermain di kandangnya yg sudah bersih!

Aksesoris kandang
 agar kandang tidak terlihat oleh kita dan hamster kita,tambahkan aksesoris (tapi jgn berlebihan) seperti permainnan hamster,tangga,bola,dll (sesuai selera anda.berikut contoh2 aksesoris dari saya



1.Serbuk kayu
Kegunaan dari serbuk kayu adalah,si hamster bisa nyaman dikandangnya (kan hamster suka menggali - gali) serbuk kayu diganti tiap 1 - 2 mng sekali, (sesuai dgn ketingkatan bau dan kotornya)
  nah,gambar ini hasil dari saya sendiri,hehehe..
kalau yg kiri itu,serbuk yg sudah lama,kalau yg kanan itu serbuk yg baru..kelihatan kan,perbedaannya?ya,yg kiri warnanya lebih kuning,karna sudah 2 mng (hehe),baunya jga jelas berbeda,serbuk kayu dapat digantikan jga dgn pasir,bebatuan yg sering tersedia di petshop.


2.Kincir
 Hehe,ini jga kincir miliku,dan kandang hamsterku,nah,kalau kincir ini agak wajib berada di kandang (kalau kandangnya cukup memuat kincir).





3.Perosotan
 Aksesoris yg ini tidak wajib sihc,berada di kandang hamster,tapi prosotan ini hanya bisa dipakai untuk kandang yg geruji lo,kandang dari aquarium tidak bisa..










4.Sarang si hamster


 Agar si hamster lebih nyaman dikandangnya,sebaiknya ada sarang dikandangnya,sarangnya bisa terbuat dari apa saja,(kalau saya yg difoto ini sih,dari kotak tisshu bekas)
lihat si kimiku lg bobo di atas sarangnya!haha.

  

5.Kamar mandi
Kamar mandi harus dilengkapi didalamnya dgn pasir mandinya,harga kamar mandi hamster sekitar Rp.35000 sd 6000,sedangkan pasir mandi nya sekitar Rp.20000.kamar mandi tidak wajib dibeli,jika anda mau membeli kamar mandinya,kandang hamster anda harus dari geruji yg tidak ada serbuknya kayunya,(klo serbuk kayunya pakai pasir,boleh jga sih..).



 6.Terowongan (aneh2 saja)
Terowongan ini biasanya untuk permainan hamster,bisa jga untuk tempat tidur si hamster,terowongan ini bisa terbuat dari barang bekas,misalnya dari gabus,karton,dll.





MAKANAN HAMSTER
 Makanan si hamster berbeda - beda,bisa mulai dari sayuran,buah-buahan,sayur-mayur,biji bunga matahari,roti,dan makanan khusus hamster,
saran saya,si hamster jgn dikasih biji bunga matahari yg matang,lebih baik yg mentah.Ketika memberi makan hamster,jgn banyak2 dan menumpuk,nanti klo gk dimakan sama si hamster,malah membuat kandang bau dan banyak semut,maka,hanya diberi makanan khusus hamster di wadahnya,dan sayur secukupnya.Dibawah ini akan ada penjelasan tentang makanan hamster.(klo ada pertanyaan silakan di komentar)


1.Makanan Khusus Hamster
 Biasanya,makanan ini tercampur dari : bbmm(biji bunga matahari mentah),gandum,pelet ikan,kacang hijau,dan biskuit2 kecil.Makanan ini harus ditempatkan diwadah,agar tidak berserakan dimana-mana.Berikan makanan ini tiap pagi dan sore.




  2.Sayuran
 Sayuran ini adalah pengganti minum,(saya sarankan hamster anda tidak diberi minum langsung),tapi hanya sebagian sayuran saja yg dibolehkan,yiatu : daun kol,selada,buncir,dan wortel.Sayuran yg diberikan harus segar,kering,tidak layu ataupun busuk,dan tidak dingin.






3.Buah - buahan
 Buah - buahan jga sebagai pengganti air,tapi jgn terlalu sering,(lebih baik sayur dari pada buah,)hanya segabian buah yg dapat dimakan si hamster,yaitu : 
apel,pisang,dan jeruk.







CARA MERAWAT HAMSTER
Inilah tips tips dari saya cara untuk merawat hamster.
 
1.Sebelum kita membeli,lebih baik kita membeli hamster yg masih kecil,minimal sudah 1 - 2 bulan,agar si hamster mengenal kita sejak kecil.
2.Beri makan hamster secukupnya,minimal 2-3 kali sehari,berikan makanan khusus dan sayuran (bisa ditambah dgn minuman yg sudah ditempatkan di botol khusus.
3.Jgn sering2 memegang hamster kita,karna hamster tidak suka digendong ataupun dipegang2.
4.Kadang2,keluarkan si hamster untuk jalan2 di luar kandangnya,tempat nya itu harus kosong dan tidak boleh ada lemari,kasur,meja,dan lubang2,nanti si hamsternya bakalan masuk kesana,trus nanti susah ngambiilnya,jadi,lebih baik tempat jalan2nya harus khusus kosong,paling2 cuma ada mainan2 untuk si hamster.
5.Kandang harus slalu bersih,agar si hamster tidak terkena penyakit.
6.Si hamseter harus mempunyai teman,agar tidak stres,itu jga harus sesama jenis,klo masih gabungkan saja,klo udh besar,dipisah aj,(takut berantem)
7.Si hamster klo dikasih makan jgn banyak2,nanti makanan nya malah berjamur dan menimbulkan penyakit untuk si hamster.
8.Jgn pernah memandikan hamster dgn air maupun tissu basah,itu bisa menyebabkan penyakit flu dan nanti si hamster mati karna kedinginan,klo mau mandiin,pakai pasir putih khusus,(yg diatas itu).


Nah,segitu dulu y,tips dari saya.semoga membantu! =D



MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN HAMSTER


Membedakan jenis kelamin hamster sedikit sulit.Saya akan memberikan anda tips agar lebih mudah membedakan mana yg jantan dan mana yg betina.
 

Gambar disamping dapata membedakan mana yg jantan mana yg betina.









 TANDA2 HAMSTER MELAHIRKAN


Saya akan memberikan anda Tips untuk merawat hamster yg sedang hamil dan ciri2 hamster melahirkan,Berikut.

1.Ciri2 hamster yg sedang hamil

a.Perut si hamster buncit (bkn buncit gendut)
b.Si hamster Lebih agresif jika kita pegang dan jika didekati si hamster jantan.
c.Hamster lebih suka menyendiri.
d.Lebih Rakus dari pada yg biasa (gampang lapar)


2.Tips merawat hamster yg sedang melahirkan

1.Pisahkan dari hamster lain (terutama hamster jantan)
2.Beri makan yg lebih banyak
3.Kandangnya harus di tempatkan di tempat yg aman dan sunyi
4.Jgn di pegang2 atau di lihat2 (nanti si hamster bisa stres loo)

Berikut tips tips merawat hamster melahirkan dari saya,semoga bermamfaat bagi anda.


 







 
 






















4 komentar:

  1. haloo mba seneng sama hamster ya,met kenal n tips nya tambahin terus dong......

    BalasHapus
  2. halo,hehe,bner nih,nanti saya tambahin tips2nya lg ya,

    BalasHapus
  3. hahahahahahahaaa terimakasih mungkin bisa post cara memelihara kelinci

    BalasHapus
  4. memang mau,tapi butuh 2 hari lg..(harus hardwork lg)

    BalasHapus